Anak Muda yang Baru Bekerja Harus Pandai Mengelola Keuangan

Anak Muda yang Baru Bekerja Harus Pandai Mengelola KeuanganPinjaman Dana Tunai, Pinjaman Uang Tunai, Pinjam Uang Online, Pinjaman Jaminan Sertifikat. Baru lulus dan langsung bisa mendapatkan pekerjaan impian? Wah, selamat ya! Sudah menikmati gaji pertama dong ya? Bagi Anda yang baru pertama kali terjun ke dunia kerja, iming-iming gaji pertama memang selalu menggoda. Angan-angan untuk membelanjakan hasil jerih payah selama sebulan tersebut pun sudah mulai dirancang, bahkan sejak jauh-jauh hari. Menikmati gaji pertama untuk sesuatu yang kita inginkan memang hal yang wajar, bahkan pada beberapa kasus malah dianjurkan. Namun jangan lantas hal ini membuatmu kebablasan sampai akhirnya gaji selalu habis sebelum waktunya lho ya. Nah, tips mengatur keuangan buat Anda yang baru bekerja berikut mungkin bisa membantu:

Baca Juga : Gadai Sertifikat Ruko

1. Buat Daftar Kebutuhan
Biasakan untuk membuat daftr kebutuhan. Pisahkan mana yang benar-benar prioritas dan mana kebutuhan yang bisa dibeli belakangan. Dengan membuat skala prioritas, Anda akan dengan mudah memilah kebutuhan yang wajib dibeli, seperti keperluan harian, uang makan, transportasi, dan lain lain tanpa tercampur dengan daftr barang yang
(sebetulnya) tidak terlalu perlu dibeli.

2. Menabung
Sekecil apapun gaji yang Anda terima, usahakan untuk selalu menyisihkan beberapa rupiah untuk ditabung. Menabung perlu dibiasakan karena manfaatnya yang sangat terasa, sepeti ketika Anda membutuhkan dana dadakan yang tidak masuk anggaran rutin. Anda bisa memakai uang tabungan yang setiap bulan sudah Anda sisihkan.
Bingung mau menabung dimana? Anda dapat mencoba tabungan emas. Tabungan investasi jangka panjang dari Pegadaian ini dapat memberi Anda kesempatan memiliki emas di usia muda. Tidak perlu memiliki banyak uang dulu, tabungan Anda lama kelamaan akan menjadi batangan emas yang sangat bernilai di masa depan. Hanya dengan uang tidak lebih dari 10 ribu rupiah, tabungan emas sudah bisa Anda dapatkan.

Baca Juga : Gadai Sertifikat Rumah

3. Hidup Sederhana dan Jangan Boros
Ini dosa umum yang paling banyak dilakukan oleh mereka yang baru bekerja, yaitu tidak bisa mengatur keuangan sehingga sering berperilaku boros. Padahal perilaku hidup boros justru akan merugikan keuangan kita lho. Bahkan sering berujung pada menumpuknya hutang yang pada akhirnya hanya akan menyusahkan diri sendiri. Hiduplah secara sederhana dan hindari membeli barang yang tidak perlu atau pergi tanpa tujuan yang jelas.
4. Alihkan Waktu Luang untuk Kegiatan yang lebih Bermanfaat
Akhir pekan biasanya banyak dinikmati untuk jalan-jalan yang sudah
tentu menghabiskan uang. Hal ini sebetulnya sah saja, asal tidak seringsering dilakukan. Sebab, jika terlalu sering keluar rumah justru akan membuat pengeluaran kita membengkak untuk hal-hal yang tidak terduga. Sebaiknya manfaatkan waktu luang untuk mengerjakan halhal yang tidak hanya bermanfaat, tetapi juga hemat, seperti membaca, olahraga, bersih-bersih, dan sebagainya.
5. Belanjakan Uang pada Pertengahan Bulan
Nah, trik terakhir ini terbukti cukup ampuh untuk menjaga kondisi keuangan tetap sehat. Jika ingin gaji bertahan sampai masa gajian berikutnya, membelanjakan uang pada pertengahan bulan adalah langkah jitu yang wajib dicoba. Dengan membelanjakan uang pada pertengahan bulan, kita akan lebih bisa mengontrol dan menyisihkan dana belanja yang kita punya.

Baca Juga : Gadai BPKB Kendaraan

Recommended Posts

Leave a Comment