Pasangan yang Baru Menikah, Ayo Belajar Mengelola Keuangan dengan Lebih Baik

Pasangan yang Baru Menikah, Ayo Belajar Mengelola Keuangan dengan Lebih BaikPinjaman Dana Tunai, Pinjaman Uang Tunai, Pinjam Uang Online, Pinjaman Jaminan Sertifikat.  Mengatur keuangan saat hidup sendiri dan setelah menikah pastilah berbeda. Sebagai pasangan baru, Anda berdua tentunya harus mulai membangun pondasi fiansial yang baik untuk masa depan keluarga. Perlu diingat bahwa uang adalah hal sensitif yang dapat menimbulkan perselisihan jika tidak dikelola berlandaskan keterbukaan dan saling pengertian. Untuk itu, sebelum menjalani lebih jauh, buatlah kesepakatan pengaturan keuangan secara terperinci.
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti untuk mengatur keuangan bagi pasangan yang baru mulai berumah tangga.

Baca Juga : Gadai BPKB Kendaraan

Tips #1 Tentang Aset
Jika tidak dibahas dari awal, aset bisa menjadi sengketa dan masalah di masa yang akan datang. Ada baiknya Anda membangun dan membeli aset-aset keluarga secara bersama-sama. Dengan begitu, akan timbul rasa saling memiliki dan berbagi antara satu sama lain. Namun jika salah satu dari pasangan memiliki sejumlah aset, manfaatkanlah aset tersebut secara bersama-sama tanpa harus menguasai atau ingin memiliki. Terkecuali salah satu pihak bersedia dengan lapang dada menjadikannya sebagai aset bersama.
Tips #2 Pengeluaran Bulanan
Jika sebelum menikah masing-masing sudah memiliki penghasilan dan mengatur sendiri pengeluarannya, maka setelah menikah kedua belah pihak harus sepakat untuk memiliki pemasukan dan pengeluaran bersama. Diskusikan secara terperinci tentang sumber-sumber pemasukan, pospos pengeluaran apa saja yang harus dialokasikan, serta bagaimana menyiasati sisa atau kekurangan yang mungkin muncul selama satu bulan. Cermati dan buatlah kesepakatan terbaik untuk menangani perbedaan pola konsumsi masing-masing, buat batasan agar keuangan bisa terkendali tanpa ada yang merasa terbatasi.
Tips #3 Satukan Rekening
Setelah menikah sebaiknya setiap pasangan baru memiliki satu rekening khusus yang akan dipergunakan untuk kepentingan bersama. Seluruh aktivitas keuangan, baik berupa kas masuk atau kas keluar nantinya hanya bersumber dan berputar di rekening tersebut. Dengan begitu Anda berdua akan lebih mudah melacak pengeluaran keluarga dan bisa melakukan evaluasi untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih baik.

Baca Juga : Gadai Sertifikat Rumah

Tips #4 Utang dan Tagihan
Selain aset, hal lain yang harus dikomunikasikan secara terbuka dari awal adalah utang. Alangkah baiknya, jika hal ini dibicarakan sebelum pernikahan agar tidak terjadi kekecewaan dan beban bagi salah satu pihak di awal pernikahan.
Jika sudah dibicarakan dan kedua belah pihak bisa saling mengerti, Anda berdua bisa memasukan utang tersebut ke dalam pos pengeluaran/ tagihan. Selanjutnya berusahalah untuk menyelesaikannya secara bertahap.
Tips #5 Proteksi dan Investasi
Membangun rumah tangga pastinya melibatkan komitmen untuk saling melindungi. Untuk itu sedari awal berumah tangga masukkan pembahasan tentang proteksi keluarga dalam pos pengeluaran Anda. Adapun bentuknya bisa berupa asuransi atau investasi. Beberapa program investasi biasanya menawarkan layanan proteksi ke dalam satu paket. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai rencana masa depan keluarga sekaligus memberikan perlindungan di waktu yang bersamaan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian, termasuk dalam hal keuangan, merupakan salah satu kunci kestabilan rumah tangga. Semoga tips mengatur keuangan ini bermanfaat bagi Anda yang hendak atau baru mulai membangun rumah tangga. Bila kehabisan ide investasi, bagaimana dengan mencoba investasi emas di pegadaian? Tabungan Emas bisa dengan mudah Anda dapatkan tanpa harus memiliki dana yang besar. Silahkan datang ke cabang Pegadaian terdekat di tempat Anda. Anda juga dapat merekomendasikan teman
Anda melalui aplikasi Sahabat Pegadaian. Semakin banyak sahabat, semakin banyak poin yang Anda dapatkan!

Baca Juga : Gadai Sertifikat Ruko

Recommended Posts

Leave a Comment